--BERSANTAI DI BKB (SORE & MALAM HARI)--


Kota Palembang tidak bisa lepas dari 3 hal yaitu Sungai Musi, Jembatan Ampera dan Pempek. Ketiga hal tersebut sudah dianggap sebagai identitas Palembang bagi kebanyakan orang. 









Di kota ini ada sebuah tempat yang mana kita bisa menikmati ketiga hal tersebut yaitu di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB). Plaza BKB adalah sebuah lapangan terbuka yang berada di depan BKB. BKB sendiri adalah salah satu peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam yang merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang memenuhi syarat perbentengan dan dibangun atas biaya sendiri untuk menahan serangan bangsa Eropa dan juga tidak menggunakan nama berbau Eropa (wikipedia).




Plaza BKB terletak di pinggir Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera. Pemkot Palembang telah membangun dan menata kawasan Benteng Kuto Besak sehingga kita dapat menikmati pesona Sungai Musi baik menyaksikan segala ativitas yang ada di sungai tersebut maupun melihat bangunan yang ada disekitarnya. Tempat ini sangat populer bagi warga lokal maupun para penggunjung yang datang dari luar Palembang. Setiap harinya Plaza BKB selalu ramai didatangi oleh para keluarga dan anak muda dan puncaknya adalah saat sore hari hingga malam hari.


Di Plaza BKB kita bisa menikmati pemandangan Sungai Musi yang mempesona, melihat perahu ketek dan kapal yang berlalu-lalang. Kita dapat juga melihat kemegahan Jembatan Ampera yang berpuluh-puluh tahun telah menghubungkan kedua sisi kota. Pemandangan di Plaza BKB akan berubah menjadi dramatis ketika matahari terbenam. Lampu-lampu yang berwarna-warni mulai menyala dan menghiasi jantung Kota Palembang. Jembatan Ampera tampak begitu mempesona ketika lampu-lampu telah menyala. Keindahan landmark Kota Palembang tidak perlu diragukan lagi saat malam hari dan inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan di kota ini. Selain itu pemandangan dari sisi lain Sungai Musi juga tidak kalah mempesona. Lampu yang berkelap-kelap membuat pinggiran Sungai Musi menjadi sebuah pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Selain itu bisa menikmati pemandangan yang ada, kita juga bisa menyantap makanan khas Palembang di Plaza BKB yaitu pempek. Ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan tersebut sehingga tidak perlu kebingunggan mencarinya. Cara menikmati kuliner khas Palembang yang paling asik adalah dengan menyantapnya di warung terapung. Warung terapung merupakan perahu yang di sulap menjadi sebuah warung. Di warung ini kita akan mendapat sensasi yang berbeda saat makan pempek atau hidangan lainnya apa lagi saat perahu tiba-tiba bergoyang-goyang karena hantaman arus air sungai.


Dengan segala pesona yang ada, Taman BKB adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Palembang. Semuanya bisa di dapat di sini, dari menikmati keindahan Sungai Musi dan Jembatan Ampera hingga menyantap kuliner asli Palembang yaitu pempek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

notifikasi
close